Kamu Lelah Kerja Kantoran? Yuk Jadi Freelancer

Apakah kamu lelah jadi pegawai dan ingin berhenti dari pekerjaan dan menjadi freelancer? Atau malah ingin berhenti untuk membuat bisnis kamu sendiri? Patut diapresiasi karena langkah tersebut merupakan langkah yang cukup berani. Bagaimanapun seorang freelancer atau dalam Bahasa Indonesianya adalah pekerja lepas agar bekerja sesuai dengan keinginan di bidang lain patut dibilang sangat berani. Karena dengan begitu, kamu dapat mengembangkan diri lebih baik lagi dan juga memiliki jam kerja yang lebih fleksibel.

Lima Pertanyaan Sebelum Menjadi Pekerja Lepas

Namun, untuk menjadi seorang pekerja lepas ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, untuk memutuskan menjadi pekerja lepas akan sangat mempengaruhi kehidupan dan juga keadaan ekonomi kamu. Agar kamu dapat yakin  dan membuat langkah mulus kedepannya dalam karir menjadi seorang pekerja lepas. Baiknya kamu menjawab lima pertanyaan dibawah ini sebelum memutuskan untuk hidup menjadi seorang pekerja lepas.

  1. Berapa uang yang harus kamu simpan?

Sebelum kamu berhenti kerja pegawai dan menjadi seorang pekerja lepas. Siapkan dulu tabungan kamu untuk bertahan selama beberapa bulan. Karena untuk mengawali karir sebagai seorang pekerja lepas tidak mudah. Apakah kamu sudah yakin tabungan kamu sudah siap untuk tiga sampai empat bulan ke depannya saat mulai bekerja sebagai pekerja lepas dengan penghasilan yang tak tetap. Karena bisa saja dalam beberapa bulan kedepannya kamu akan sepi kerjaan.

Pikirkan apabila ketika kamu telah menentukan untuk berkarir menjadi seorang pekerja lepas tanpa persiapan termasuk tabungan tersebut. Tentu kamu akan kesulitan apabila kamu sedang sepi – sepinya mendapatkan pekerjaan. Dengan tabungan tersebut, setidaknya kamu tidak perlu meminjam atau merepotkan orang – orang sekitar kamu ketika kamu sedang kesulitan.

  1. Berapa budget minimum kamu?

Buatlah daftar budget minimum yang kamu butuhkan tiap bulannya yang harus dipersiapkan untuk segala kebutuhan kamu. Kebutuhan yang kamu perlukan bukan hanya sekedar makan saja. Kewajiban finansial lain seperti utang, pajak hingga kredit yang harus dibayar tiap bulatnya juga merupakan kebutuhan yang harus kamu perkirakan.

Jika sudah menentukan jumlah budget minimum yang kamu butuhkan tiap bulannya. Kemudian jumlah tersebut dikalikan dengan enam bulan. Jumlah itu yang harus kamu miliki sebagai simpanan untuk apabila terjadi hal yang tidak terduga. Dengan begini, kamu akan aman untuk mengawali karir kamu sebagai pekerja lepas tanpa khawatir masalah finansial.

  1. Apakah kamu punya penghasilan pasif?

Jalan lain untuk mempermudah proses dalam karir kamu sebagai pekerja lepas adalah dengan mempunyai penghasilan pasif. Kenapa? Karena penghasilan pasif bisa dengan modal sedikit dan tanpa harus memakan fokus dalam pekerjaan kamu. Perhatikanlah apa yang kamu punya yang bisa dijadikan alat untuk mendapatkan penghasilan pasif.

Contohnya misal kamu memiliki rumah atau sekedar beberapa kamar kosong dalam rumah kamu, kamu dapat menjadikannya sebagai kos – kosan. Contoh lain semisal kamu memiliki mobil yang tidak dipakai di rumah kamu bisa menyewakannya. Menanam saham pun bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan pasif apabila kamu memiliki sejumlah tabungan berlebih.

  1. Apakah kamu siap bekerja kapan saja?

Jika saat kamu menjadi pekerja kantoran, normal kamu memiliki waktu kerja adalah delapan jam kecuali kamu mau mengambil lembur yang bisa mencapai sepuluh jam setiap harinya. Nah ketika kamu sudah memilih untuk menjadi pekerja lepas maka waktu kerja kamu pun akan berubah.

Karena ini merupakan langkah awal kamu untuk bekerja sebagai pekerja lepas, kamu harus aktif mencari klien. Tentunya hal tersebut tidak akan mudah dan butuh konsistensi dalam mengejar klien – klien tersebut. Tentunya waktu kerja kamu akan lebih banyak untuk awal dibanding dengan waktu kerja kantoran kamu.

  1. Apa kamu mempunyai rencana lain untuk ekonomi kamu?

Selalu sedia rencana cadangan. Apa yang akan terjadi bila karir pekerja lepas kamu gagal? Apakah kamu sudah memiliki rencana lain untuk menghadapinya?  Apakah kamu sudah punya finansial untuk mendukung rencana lain itu? Untuk pertanyaan dua pertanyaan terakhir jawabannya harus sudah punya. Selalu persiapkan atas apa yang dapat terjadi.

Tips Agar Berhasil Menjadi Freelancer

Dengan kelima pertanyaan diatas apakah kamu masih yakin untuk menjadi seorang pekerja lepas (freelancer)? Apabila kamu sudah yakin maka lakukanlah. Pintar serta bijaklah setiap mengambil keputusan. Untuk membantu kamu melancarkan karir menjadi seorang pekerja lepas. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar bisa menjadi pekerja lepas yang berhasil.

  1. Mengenali keahlian diri sendiri

Apapun pekerjaannya, baik menjadi freelancer atau bukan. Pekerjaan akan lebih ringan apabila mengerjakan apa yang memang jadi keahlian kita. Banyak sekali yang bisa kamu kerjakan sebagai freelancer seperti menulis artikel, desain grafis, pakar seo, fotografi, dan masih banyak lagi sesuai dengan keahlian yang kamu punya. Karena dasarnya banyak sekali keahlian yang kamu punya dapat dijadikan sebagai modal untuk berkarir sebagai freelancer.

  1. Menetapkan harga yang tepat untuk harga layanan kamu

Menentukan harga yang sesuai dengan kapasitas dan pelayanan yang kamu punya merupakan hal yang sangat menentukan kesuksesan kamu untuk berkarir sebagai freelancer. Langkah pertama yang kamu harus pikirkan untuk menentukan harga layanan kamu adalah apakah harga tersebut dapat menutupi budget minimum yang telah kamu buat. Namun kamu juga harus memperhatikan apakah harga tersebut sesuai dengan kualitas dari yang kamu kerjakan bukan sekedar harga pasaran freelancer kebanyakan.

  1. Belajar untuk menawarkan diri

Jika kamu sudah menentukan harga tetap yang tepat untuk harga layanan kamu, maka kamu harus mengetahui bagaimana cara memasarkan layanan kamu terhadap klien. Dapat menawarkan diri merupakan hal wajib yang harus dimiliki seorang freelancer.

Karena sehebat dan sebagus apapun jasa layanan yang kamu punya akan menjadi sia – sia apabila tidak kamu tawarkan kepada orang. Kemampuan berkomunikasi yang dapat mengubah percakapan menjadi transaksi merupakan bekal wajib agar kamu bisa mendapatkan klien untuk usaha Anda menjadi pekerja lepas.

Berikut tadi diatas adalah lima pertanyaan agar kamu yakin untuk menjadi seorang pekerja lepas dan juga tips untuk berhasil menjalani karir sebagai pekerja lepas atau disebut juga freelancer.